Ilmu Pengetahuan Populer adalah suatu mata kuliah yang mempelajari tentang peradaban budaya hingga masa saat ini (populer) dan tentunya di kaitkan dengan produk yang ada dalam masyarakat, baik produk fisik, maupun produk grafis.
Dalam matakuliah ini diharapkan :
1. Mahasiswa diharapkan akan memahami tentang definisi budaya, budaya masyarakat Indonesia, yang terdiri dari budaya massa dan budaya popular Bagaimana bentuk budaya popular di masyarakat Indonesia saat ini mulai dari media social, interaksi simbolik, adaptasi gaya hidup.
2. Setelah menyelesaikan pokok bahasan tentang media massa dan turbulensi budaya lokal, mahasiswa dapat memahami pengaruh media massa terhadap seberapa kuat turbulensi budaya lokal
3. Setelah menyelesaikan pokok bahasan tentang komunikasi, makna dan tanda, mahasiswa memahami dan mengerti tentang ilmu tanda (semiotika) dan penerapannya dalam desain grafis.
4. Mahasiswa akan dapat menerangkan tentang bagaimana
semantika mempengaruhi dalam desain produk
5. Mahasiswa memahami makna dan aplikasi teori feminisme
6. Mahasiswa memahami emosional desain, produk ergonomis dan produk populer
- Teacher: Etwin Fibrianie Soeprapto soeprapto