Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib pada setiap jurusan atau program studi di semua perguruan tinggi Indonesia. Mata kuliah ini termasuk salah satu mata kuliah pengembangan kepribadian. Selain itu, mata kuliah Bahasa Indonesia juga termasuk mata kuliah pengembangan keterampilan.

Sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian, mata kuliah Bahasa Indonesia diharapkan mampu mengarahkan mahasiswa untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sehingga mencerminkan karakter keindonesian yang mendalam. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada setiap tempat dan waktu mengangkat ciri khas dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia

Sebagai mata kuliah pengembangan keterampilan berbahasa, mata kuliah ini diharapkan mampu mengarahkan mahasiswa menulis dengan baik dan benar dalam setiap kondisi, terutama dalam menulis karya ilmiah. Pengetahuan dasar bahasa Indonesia dapat mengantar mahasiswa untuk menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah yang lain. Selain itu, mahasiswa juga semakin paham dengan penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam menulis karya ilmiah.