Materi yang akan diajarkan secara Online dan Offline dalam matakuliah "Metode Kuantitatif" dengan Course ID Number "S1MP701" terdiri dari 9 Topik sebagai berikut :

  1. PENDAHULUAN, Pada bagian ini akan dijelaskan tentang kontrak pengajaran dan penjelasan terkait objektif matakuliah termasuk Tujuan Umum dan Tujuan Khusus (1 x 2 Jam)
  2. KERANGKA PIKIR, Pada bagian ini akan dijelaskan tentang bagaimana penarikan hipotesis dalam penelitian kuantitatif (melalui kerangka teoritik dan empirik), melakukan pengujian-pengujian statistik serta menarik kesimpulan penelitian berupa skripsi (4 x 2 Jam)
  3. KERANGKA KONSEP (MODEL KUANTITATIF), Pada bagian ini akan dijelaskan model hubungan variabel dalam penelitian kuantitatif, menjelaskan variabel dan kedudukannya dalam model (eksogen, endogen, dan intervening), menjelaskan indikator, dan hipotesis. (4 x 2 Jam)
  4. RESEARCH GAP, Pada bagian ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan research gap dan bagaimana kedudukannya dalam pembentukan model konseptual penelitian, sumber-sumber reasearch gap dan penjelasan tentang jurnal ilmiah (sumber dan cara membacanya) (4 x 2 Jam)
  5. POPULASI DAN SAMPEL, Pada bagian ini akan dijelaskan teknik sampling, sumber data, dan cara pengambilan data persepsi melalui kuisioner. (2 x 2 Jam)
  6. PENGUJIAN STATISTIK, Pada bagian ini akan dijelaskan tentang berbagai cara pengujian statistik terhadap a. instrumen penelian (uji validitas dan reliabilitas), b. asumsi klasik (uji normalitas, linearitas, dan multikoleaniritas), c. uji fit model, dan d. uji hipotesis (4 x 2 Jam)
  7. PENGGUNAAN SOFTWARE STATISTIK, Pada bagian ini akan di praktekkan oleh mahasiswa dipandu oleh dosennya untuk menggunakan software-software statistik seperti SPSS, SOBEL, AMOS, LISREL, dan PLS untuk menganalisis pengujian statistik pada point 6. (8 x 2 Jam)
  8. DOKUMEN PENELITIAN, Pada bagian ini mahasiswa diajarkan tata cara membuat dokumen penelitian untuk keperluan Skripsi maupun Jurnal Ilmiah International (3 x 2 Jam)
  9. PRESENTASI HASIL PENELITIAN MAHASISWA, Pada bagian ini mahasiswa mempresentasikan uji-uji statistik yang telah dilakukannya terhadap data persepsi responden yang telah dikumpulkannya terlebih dahulu. (8 x 2 Jam)