DESKRIPSI  MATA KULIAH

Mata kuliah Ilmu Pelayaran Astronomi I akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan Navigasi pada level operasional (Navigation at operational level)

CP PROGRM STUDI YANG DIBEBANKAN PADA MATA KULIAH

Mampu menerapkan dasar-dasar ilmu olah gerak kapal, sistem navigasi elektronik, hukum maritim, pengaturan dan penanganan muatan kapal, komunikasi kemaritiman, ilmu pelayaran astronomi dan ilmu pelayaran datar, kompas dan sistem kemudi kapal, Menguasai pemuatan cargo dan penumpang, konstruksi dan stabilitas kapal, Peraturan pencegahan tubrukan di laut dan dinas jaga,  kepedulian lingkungan dan pencegahan polusi, kecakapan bahari dan isyarat visual,fungsi navigasi dan penanganan dan pengaturan muatan,fungsi pengendalian operasi kapal dan pananganan personil di kapal,dasar-dasar permesinan kapal.

CAPAIAN PEMBELAJARAN MK

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar di bidang kemaritiman yang berkaitan dengan pengetahuan Tata surya (Solar System), Bola langit dan system koordinat equinoxnya (Celestial sphere and equinoctial system of coordinates), Sudut Waktu (Hour angle), Pergerakan harian dan system koordinat horizontal (Daily motion and horizontal system of coordinates), Koreksi dari sextant dan altitude (Sextant and altitude corrections), Amplitudo (Amplitude), Waktu dan persamaan waktu (Time and equation of time), Almanak nautika (Nautical almanac), Lintang berdasarkan ketinggian garis bujur (Latitude by meridian altitude), Pengamatan bintang kutub (Pole star observations), dan Penetapan posisi berdasarkan benda langit (Position fixing)

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN

1.      Mengetahui  tentang Tata surya (Solar System)

2.      Mengetahui  tentang Bola langit dan system koordinat equinoxnya (Celestial sphere and equinoctial system of coordinates)

3.      Mengetahui  tentang Sudut Waktu (Hour angle)

4.      Mengetahui  tentang Pergerakan harian dan system koordinat horizontal (Daily motion and horizontal system of coordinates)

5.      Mengetahui  tentang Koreksi dari sextant dan altitude (Sextant and altitude corrections)

6.      Amplitudo (Amplitude)

7.      Waktu dan persamaan waktu (Time and equation of time)

8.      Almanak nautika (Nautical almanac)

9.      Lintang berdasarkan ketinggian garis bujur (Latitude by meridian altitude)

10.  Pengamatan bintang kutub (Pole star observations)

11.  Penetapan posisi berdasarkan benda langit (Position fixing)


DESKRIPSI  MATA KULIAH

Mata kuliah Ilmu Pelayaran Datar I akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan Navigasi pada level operasional (Navigation at operational level)

CP PROGRM STUDI YANG DIBEBANKAN PADA MATA KULIAH

Mampu menerapkan dasar-dasar ilmu olah gerak kapal, sistem navigasi elektronik, hukum maritim, pengaturan dan penanganan muatan kapal, komunikasi kemaritiman, ilmu pelayaran astronomi dan ilmu pelayaran datar, kompas dan sistem kemudi kapal, Menguasai pemuatan cargo dan penumpang, konstruksi dan stabilitas kapal, Peraturan pencegahan tubrukan di laut dan dinas jaga,  kepedulian lingkungan dan pencegahan polusi, kecakapan bahari dan isyarat visual,fungsi navigasi dan penanganan dan pengaturan muatan,fungsi pengendalian operasi kapal dan pananganan personil di kapal,dasar-dasar permesinan kapal.

CAPAIAN PEMBELAJARAN MK

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar di bidang kemaritiman yang berkaitan dengan pengetahuan Definisi Bumi (Definitions - Earth), Peta (Charts), Peta elektronik (Electronis charts), Datum (Datums), Jarak (Distance) serta mengetahui tentang Garis posisi dan posisi (Position lines dan positions

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN

1.   Mengetahui tentang Definisi Bumi (Definitions - Earth)

2.   Mengetahui  dan memperaktekkan tentang Peta (Charts)

3.   Mengetahui  dan memperaktekkan tentang Peta elektronik (Electronis charts)

4.   Mengetahui  dan memperaktekkan tentang Datum (Datums)

5.   Mengetahui  dan memperaktekkan tentang Jarak (Distance)

6.   Mengetahui  dan memperaktekkan tentang Garis posisi dan posisi (Position lines dan positions)


Diharapkan Taruna setelah lulus mata kuliah ini memahami perkembangan Teknologi Informatika, dan mampu mengoperasikan aplikasi standar pengetahuan Komputer dalam paket aplikasi misrosoft Office :

1. Microsoft Word (Word)

2. Microsoft Excel (Excel)

3. Power Point (PPT)


Mahasiswa mampu Mengetahui tentang dasar – dasar pendidikan pancasila, tujuan pendidikan pancasila, pancasila dan sejarah perjuangan bangsa, Negara dan konstitusionalisme, konsep dasar perkembangan dan implementasi demokrasi, norma / unsur demokrasi, bentuk – bentuk dan unsur penompang tegaknya demokrasi, Hak Asasi Manusia (HAM), Rule Of Law, tentang wawasan nusantara, latar belakang dan unsur – unsur dasar konsep wawasan nusantara, ketahanan nasional Indonesia, serta mahasiswa Mengetahui tentang ketahanan nasional Indonesia dari aspek pancagatra

membekali mahasiswa atau taruna dengan pengetahuan mengontrol pengoperasian kapal ,stabilitas stress ,struktur dan bangunan kapal

tujuan membekali mahasiswa atau taruna untuk mengontrol pengoperasian kapal dan kepedulian pda orang orang dikapal di tingkat operasional

membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pengenalan muatan pada level operasional

I. TUJUAN KURIKULUM

Setelah menyelesaikan perkuliahan  peserta didik memiliki pengetahuan ilmu pelayaran datar sehingga mampu  melakukan pelayaran secara baik dan benar, dalam memelihara navigasi yang aman.

 II. TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM

Setelah menyelesaikan  perkuliahan ini peserta dapat :

1. Memahami posisi kapal dengan cara baringan benda-benda darat maupun dengan bantuan pesawat radar untuk mendapatkan posisi kapal

2. Memahami cara menyusun rencana pelayaran dengan menggunakan katalog peta

3. Memahami arti tanda, simbol, satuan dan keterangan lain yang terdapat dalam peta, serta menggoreksi peta dengan benar


FB_IMG_1582456843458.jpgFB_IMG_1582456843458.jpg

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran Mahasiswa mampu :

1. Memahami dan mengetahui pengaruh angin terhadap Olah Gerak Kapal

2. Mengetahui cara-cara olah gerak kapal pada saat cuaca buruk

II. Kegiatan Pembelajaran

A. Mahasiswa menerima informasi tentang panduan langka-langka belajar yaitu petunjuk umum dan petunjuk khusus.

B. Mahasiswa mempelajari materi pembelajaran tentang pengaruh angin terhadap olah gerak kapal

C. Mahasiswa  mengerjakan tugas yang diberikan oleh Dosen Pengampuh

III. Penilaiaan

A. Penugasan

B. Instrumen penilaian


6c09d3a161277f2cc1605221129b11f3-0.jpg6c09d3a161277f2cc1605221129b11f3-0.jpg
Setelah mempelajari keadaan darurat tubrukan, mahasiswa mampu untuk:
1. Memahami tundakan yang harus dilakukan menyusul terjadinya keadaan darurat tubrukan
2. Melakukan penilaian dan pengendalian awal kerusakan

Mahasiswa mampu Mengetahui  dan membedakan pendekatan ilmiah dan non ilmiah dalam memperoleh pemecahan masalah, pengertian penelitian dan manfaatnya, jenis dan fungsi penelitian, sikap dan fungsi penelitian, langkah – langkah penelitian, merumuskan langkah – langkah penelitian, pengertian populasi dan sampel, pengertian lembar kertas bergaris, sampel yang sesuai dengan tujuan penelitian, teknik mengumpulkan data yang sesuai, cara mengolah data, menganalisa dan membuat kesimpulan penelitian, cara membuat laporan secara sistematis dan jelas, serta mahasiswa mampu mengetahui cara membuat review outline dan proposal

MENULIS.jpgMENULIS.jpg