Sehubungan dengan kemampuan melakukan tugas jaga (watchkeeping) terhadap seluruh permesinan yang menjadi tanggung jawabnya di atas kapal, mengenal lokasi serta mengerti fungsi dari setiap jenis permesinan merupakan langkah awal yang harus menjadi modal bagi setiap ABK bagian mesin.

Bab ini tentang hakekat permesinan bantu dan mesin utama jenis dan nama, jumlah serta fungsi masing-masing permesinan bantu yang dikombinasikan melalui system-system dimana permesinan bantu tersebut berada.

Bab ini merupakan bab pembuka wawasan para peserta diklat atau mahasiswa ataupun para calon pelaut bagian mesin tentang permesinan bantu yang ada di atas kapal pada umumnya menjadi pemahaman lapangan yang pada gilirannya akan menjadi bagian kemampuan yang harus dikuasai disamping menjadi tanggung jawabnya.


1.      Deskripsi Perkuliahan :

Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswa mampu memahami Pemeliharaan dan perbaikan pada level operasional, Penggunaan alat tangan, peralatan mesin dan instrumen pengukuran yang tepat untuk pembuatan dan perbaikan di kapal, Tindakan keselamatan yang harus diambil untuk memastikan lingkungan kerja aman dan untuk menggunakan perkakas tangan, peralatan mesin dan instrument pengukuran.

 2.      Kemampuan Akhir  Yang Diharapkan :

1.      Mampu memahami Langkah-langkah keselamatan yang harus diambil untuk memastikan                     lingkungan  kerja yang aman dan untuk menggunakan perkakakas tangan

2.        Mampu menggunakan perkakas

3.        Mampu menggunakan alat tangan bertenaga

4.        Mampu menggunakan peralatan mesin pengeboran

5.        Mampu menggunakan mesin gerinda

6.        Mampu menggunakan mesin bubut

7.        Mampu melakukan pengelasan dan pematerian


Kepedulian Lingkungan & Pencegahan Polusi

Pada mata Kuliahan Kepedulian Lingkungan & Pencegahan Polusi ini berisikan tentang Sumber sumber dari pencemaran lingkungan yang terjadi dilaut yang sebabkan oleh operasional kapal serta bagaimana cara untuk mencegah dan mengatasi pencemaran lingkungan tersebut.

Undang-undang perkapalan dan pelayaran

Berisikan tentang peraturan-peraturan dalam pelayaran dan perkapalan yang harus ditaati setiap kapal beserta Perwira-perwira yang beada dikapal.


Menjelaskan tentang tugas jaga mesin dalam kondisi dan daerah yang berbeda-beda diantaranya :
1. Melaksanakan tugas jaga mesin
2. Kondisi Jarak tanpa batas 
3. Perairan dekat Pantai/perairan yang padat lalulintas.


Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkannya di bidang kemaritiman yang berkaitan dengan Undang-Undang Pelayaran dan Memantau kepatuhan terhadap persyaratan perundang-undangan (Monitor Compliance with Legislative Requirements) 
FB_IMG_1586159319841.jpgFB_IMG_1586159319841.jpg

1. Mampu Menjelaskan karateristik operasional 

Agar taruna menguasai dinas jaga

Setelah melaksanakan perkuliahan ini, Mahasiswa Mampu merawat dan memperbaiki mesin kapal